Sabtu, 11 September 2010

Ubah Server Lokal Synaptic PCLinuxOS

Buat temen-temen pengguna Linux khususnya PClinuxOS, pastinya pernah atau sering menginstall aplikasi melalui Synaptic Package Manager. Dan jika menginstall melalu Synaptic yang mengambil repository melalui internet terkadang proses installasinya terasa lambat ! Salah satu faktor lambat itu bisa jadi karena server repository yang dipakai itu bukan dari server lokal tetapi dari internasional. Untuk menyiasati hal tersebut kita bisa mengubah server repository yang berasal dari dalam negeri agar proses download terasa lebih cepat dibanding menggunakan server internasional. Berikut ini langkah-langkah merubah server repository aga mengarah ke server lokal :


1. Buka Synaptic Package Manager dari Software Center.
2. Lalu pilih repository pada menu setting.


3. Ubah URL yang sudah ada menjadi salah satu daftar dibawah ini (pilih satu mirror saja):

Mirror Kambing
URL:http://kambing.ui.ac.id/pclinuxos/apt/
Distribution:pclinuxos/2010
Section: main kde4 special nonfree games updates

Mirror Foss-ID
URL:http://dl2.foss-id.web.id/pclinuxos/
Distribution:pclinuxos/2010
Section: main kde4 special nonfree games updates

Mirror UGM
URL:http://repo.ugm.ac.id/pclinuxos/apt/
Distribution:pclinuxos/2010
Section: main kde4 special nonfree games updates

4. Setelah URL dirubah ke server lokal lalu klik OK untuk meneruskan lalu tekan tombol reload untuk mengambil daftar-daftar aplikasi yang berada dilam repository lokal.



5. Tunggu sampai proses download daftar paket repository selesai.



6. Setelah daftar selesai didownload sekarang pada synaptic sudah terdapat daftar aplikasi-aplikasi teupdate yang disediakan oleh server tersebut.



7. Sekarang mirror repository sudah berasal dari server lokal, jadi tidak terlalu berat pada saat menginstall aplikasi-aplikasi tetapi ini tidak mutlak membuat proses installasi menjadi lebih cepat, karena kecepatan koneksi internet yang anda miliki juga tetap mempengaruhi proses installasi melalui synaptic. Jika benar-benar ingin cepat saya sarankan anda membeli DVD Repository untuk Distro Linux anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda tidak mempunyai akun Facebook anda bisa meninggalkan komentar dari form dibawah ini...