Jumat, 10 September 2010

Masalah Sound di PCLinuxOS 2010

Waktu pertama saya upgrade PCLinuxOS 2009 ke PCLinuxOS 2010.01 dilaptop Acer 4730Z, saya sedikit mengalami masalah pada sound'y ! Begitu saya memutar file mp3 tidak ada suara yang terdengar keluar, padahal saya sudah membesarkan semua settingan volume yang ada ! Mulai dari settingan dilaptop, dixmms dan dikmix yang berada tray icon sebelah kanan bawah tetapi tetap tidak ada suara yang terdengar, akan tetapi jika saya menggunakan Headphone suara jelas sekali terdengar. Saking penasarannya saya oprek-oprek deh cari solusi untuk memunculkan suara tanpa harus menggunakan Headphone, mungkin rekan-rekan juga ada yang mengalami hal serupa dengan masalah saya ini ! Jika ya, berikut ini sedikit solusi dari permasalahan diatas :

1. Klik try icon kmik disebelah kanan bawah.



2. Tekan tombol mixer untuk membuka settingan sound. Setelah menu settingan tampil perhatikan hanya ada 4 settingan saja yaitu Master, PCM, Headphone dan Digital saja. Seharusnya ada settingan untuk Speaker, nah disini masalahnya.



3. Kita harus mengeluarkan settingan Speaker untuk mengatur volume Speaker dengan cara klik menu Setting lalu pilih Configure Channels...



4. Perhatikan dialog configure, settingan speaker ada di kotak sebelah kiri. Tarik / Drag settingan Speaker agar berada disebelah kanan.



5. Setelah settingan Speaker sudah berada di kotak sebelah kanan lalu klik ok.



6. Sekarang dimenu settingan sound sudah ada untuk mengatur volume Speaker, silahkan ubah settingan menjadi maksimal agar suara bisa terdengar.



Okey sekarang coba setel lagu kesukaan anda !! Suara sudah bisa keluar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda tidak mempunyai akun Facebook anda bisa meninggalkan komentar dari form dibawah ini...