Rabu, 21 April 2010

Membuat buku tamu pada blog

Buku tamu didalam blog menurut saya penting untuk memberikan tempat kepada pengunjung agar dapat berkomunikasi dengan kita. Jadi blog kita lebih terkesan ramah kepada pengunjung karena pengunjung diberikan tempat untuk berkomunikasi dengan kita lewat blog. Jika masih ada yang bingung maksud saya, bisa lihat langsung buku tamu diblog saya, posisinya ada disebelah kanan ! Nah kalo sudah ngerti apa itu buku tamu, berikutnya saya akan menuliskan langkah-langkah membuatnya didalam blog. Kita akan menggunakan layanan pihak ketiga yaitu shoutmix, dan cara pembuatanyya adalah sebagai berikut:

Silahkan kunjugi halaman ShoutMix disini.
Halaman web ShoutMix terlihat seperti gambar dibawah ini:



Untuk memulai membuat buku tamu kita tekan tombol create shoutbox, lalu isikan data yang diminta seperti tampak pada gambar dibawah ini:



Setelah data yang diminta telah diisi semua lalu ceklist pada kotak I have read and agree to the terms of service lalu klik continue. Jika terjadi kesalahan periksa dan perbaiki letak kesalahan yang ditandai dengan warna merah, jika tidak ada kesalahan maka kita akan dibawa kehalaman setting shoutbox seperti tampak pada gambar dibawah.



Pada halaman ini anda dapat melakukan perubahan-perubahan tampilan shoutbox anda dan settingan lainnya, silahkan improvisasi dan modifikasi sendiri shoutbox sesuai dengan selera anda. Untuk setting tampilan ada pada menu display.

Jika anda telah selesai memodifikasi shoutbox sesuai dengan keinginan anda maka selanjutnya kita tinggal mengambil kode html untuk dipasang pada blog kita. Caranya kembali kehamalan home dengan mengklik link home disebelah kiri atas, lalu klik link Get Codes dan akan muncul kotak code html yang kita butuhkan seperti gambar dibawah.



Anda bisa menyesuaikan ukuran shoutbox dengan blog anda pada pengaturan Shoutbox size, jika sudah yakin silahkan copy kode html pada kotak Generate code lalu pastekan pada widget html/java didalam blog anda kemudian save dan lihat hasilnya pada blog anda. Jika sudah selesai jangan lupa logout acount shoutmix anda.



Selamat !! anda sudah berhasil membuat buku tamu ala bloger !! Semoga bermanfaat... jika kurang jelas jangan sungkan bertanya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda tidak mempunyai akun Facebook anda bisa meninggalkan komentar dari form dibawah ini...