Pernahkah rekan-rekan mengalami file ketikan yang sudah selesai dikerjakan diwarnet tetapi tidak bisa dibuka setelah dikomputer rumah ? Saya pernah bertemu dengan orang yang mengalami hal seperti itu pada saat jaga warnet. Orang tersebut bertanya kepada saya kenapa file officenya tidak bisa dibuka dirumah tapi ko diwarnet ini bisa !! Terus saya tanya, ngetiknya dimana ? dia jawab diwarnet sana (sensor), oh itu pasti karena warnet sono pake OpenOffice sedangkan komputer dirumah pak MS. Office kata saya, dia jawab iya ! emank ngaruh yah ? Ya, perngaruh karena format asli file OpenOffice itu .odt sedangkan kalo MS.Office .doc jadi file .odt tidak bisa dibaca oleh MS.Office tetapi file .doc bisa dibaca di OpenOffice. Hmm..mungkin itu sedikit kehebatan dari Open Source, bisa baca file dari MS tapi MS tidak bisa baca file OpenOffice, ada lagi ! Linux bisa baca partisi Win tapi Win tidak bisa baca partisi Linux. he...
Pada tulisan kali ini saya akan membahas bagaimana caranya merubah format file open office agar bisa dibuka oleh MS.Office. Caranya adalah dengan merubah default format file Open Office dari .odt menjadi .doc ! Mungkin tulisan ini penting bagi para pemilik warnet yang menggunakan Open Office agar para pengunjung tidak kapok karena tugas yang dikerjakan diwarnet tidak bisa dibuka dirumah. Oke langsung ke topik utama, cara merubah format file Open Office adalah sebagai berkut:
Pada tulisan kali ini saya akan membahas bagaimana caranya merubah format file open office agar bisa dibuka oleh MS.Office. Caranya adalah dengan merubah default format file Open Office dari .odt menjadi .doc ! Mungkin tulisan ini penting bagi para pemilik warnet yang menggunakan Open Office agar para pengunjung tidak kapok karena tugas yang dikerjakan diwarnet tidak bisa dibuka dirumah. Oke langsung ke topik utama, cara merubah format file Open Office adalah sebagai berkut:
- Buka Open Office dikomputer anda.
- Klik Tools, lalu pilih Options.

- Lalu muncul kotak dialog Options, pilih Load/Save lalu pilih General

- Ubah Always save as pada text Document type menjadi Microsoft Word 97/2000/XP

- Lakukan hal serupa pada Document type Spreadsheet dan Presentation

- Ubah pula angka 15 menjadi 5 bila diperlukan, maksudnya data akan disimpan setiap 5 menit sekali secara otomatis ! Untuk menghindari data hilang jika mati listrik.

- Setelah itu kita beralih ke menu Microsoft Office dan beri ceklist pada semua pilihan.

- Jika sudah semua kemudian klik ok.
Sekarang coba buat dokumen lalu save, hasilnya pasti otomatis menjadi format .doc
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Jika anda tidak mempunyai akun Facebook anda bisa meninggalkan komentar dari form dibawah ini...